Perusahaan yang Bergerak di Bidang Telekomunikasi di Indonesia yang Terbaik

Di Indonesia tentunya ada banyak perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang. Salah satu bidang yang paling berkembang pesat dan terbukti begitu dicari saat ini terutama di masa pandemic corona adalah perusahaan yang bergerak di masa telekomunikasi. Bahkan kedepannya di era digitalisasi saat ini, pastinya perkembangan perusahaan bidang telekomunkasi ini akan semakin maju ke arah yang leih baik. Bisa dilihat saat ini kebutuhan masyarakat akan internet untuk mendapatkan akses ke informasi, data atau hiburan sangatlah tergantung pada sektor telekomunikasi ini. Di masa pandemic corona ini daya tahan atau resilieve dari sector telekomunikasi juga begitu kuat. Apalagi dengan adanya kebijakan WFH (Work Form Home), PSBB (pembatasan social berskala besar), sampai kegiatan perkuliahan dan belajar dari rumah.

Perlu Anda ketahui pula bahwa perusahaan bidang telekomunikasi ini juga menjadi incaran bagi para pencari kerja. Pasalnya menurut Jobplanet (sebuah platform dari komunitas online khusus dunia kerja) mengungkapkan bahwa perusahaan ini adalah peruahaan yang memiliki tingkat kpuasan yang tinggi akan gaji dan tunjangan yang diberikan. Dengan kata lain perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia ini memberikan tingkat tunjangan maupun gaji yang menarik bagi semua karyawannya.  Hal ini tentu saja membuktikan bahwa tak hanya kehadiran perusahaan tersebut yang dibutuhkan masyarakat untuk berkomunikasi tetapi juga kehadirannya yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia lewat karyawan yang bekerja didalamnya mendapatkan gaji dan tunjangan yang menarik.

Tentunya setiap perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia ini akan memiliki kebijakan sendiri-sendiri yang mengatur gaji, tunjangan ataupun bonus. Anda bisa mencari informasi lebih dalam untuk mengetahui tingkat kepuasan para karyawan yang bekerja di berbagai perusahana tersebut. Harus Anda ketahui pula bila dalam menjalankan operasionalnya, perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia ini sudah melalui uji sertifikasi alat telekomunikasi. Biasanya pula akan memanfaatkan jasa sertifikasi alat telekomunikasi. Tujuannya adalah untuk menjaga mutu dari alat telekomunikasi yang dipergunakan agar sesuai standard dan tak buat rugi para penggunaannya selain itu untuk memastikan tidak ada bentrokan antar alat telekomunikasi ini sehingga perlu sertifikasi alat.

Perlu diketahui pula bahwa ada banyak factor lainnya yang menentukan kualitas dari perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia ini yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Terlebih ada banyak perusahaan sector ini yang memberikan manfaat bagi para penggunanya. Untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia terbaik yang akan berikan kepuasan bagi para pengguna layanannya maupun karyawannya dan sekitarnya silahkan simak daftar lengkapnya terlebih dahulu. Akan dijelaskan profil singkat dari perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia terbaik ini sehingga Anda akan jauh lebih mengenal perusahana tersebut dengan baik.

Daftar Perusahaan Bidang Telekomunikasi di Indonesia yang Terbaik

Indonesia menempati posisi sebagai satu diantara beberapa negara yang memiliki pengguna ponsel terbanyak di dunia. Wajar saja bila ada banyak perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia yang bermunculan. Dari banyaknya perusahaan ini, berikut ini adalah berbagai perusahaan terbaik tersebut yang harus Anda ketahui dan disimak dengan baik:

  1. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM)

Posisi pertama untuk perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia terbaik ini ada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang biasa dikenal dengan Telkom atau Telkom Indonesia. Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan informasi dan komunikasi serta bergerak dengan menyediakan jaringan telekomunikasi dan penyedia jasa di Indonesia. Perusahaan ini dikenal dengan perusahaan telekomunikasi yang paling besar di Indonesia. Adapun sebanyak 15 juta orang menjadi pelanggan tetap telepon dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ini dengan 104 juta orang pelanggan telepon selulernya. Untuk kepemilikan sahamnya sendiri perusahaan BUMN ini paling banyak dimiliki oleh Pemerintah Indonesia  dengan saham 52,09 % serta sebanyak 47,91% saham dari Telkom dimiliki Publik. Menariknya lagi Telkom juga merupakan pemegang saham mayoritas dari 13 anak perusahaan yang dimiliki. Beberapa anak perusahaan ini seperti PT Telkomsel (Telekomunikasi Seluler), PT TelkomMetra (Multimedia Nusantara), PT Telkom Akses serta PT PINS (PINS Indonesia).

Saat ini Ririek Adriansyah merupakan diektur utama dari Telkom. Adapun yang ditawarkan oleh Telkom ini adalah layanan untuk telekomunikasi internasional domestic, layanan telekomunikasi dan jaringan lengkap, layanan nirkabel dan kabel, serta ada layanan interkoneksi. Berbagai bisnis multimedia, contohnya seperti aplikasi dan konten juga menjadi layanan dari Telkom sendiri. Perlu diketahui bila Telkom ini juga tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Mulai tanggal 4 Desember 2020, akhirnya setelah namanya adalah PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) berubah dan tercatat di BEI dengan nama PT Telkom  Indonesia (persero) Tbk. Walaupun mengalami perubahan, tetapi kode saham atau kode emiten dari Telkom ini tidak berubah yakni tetap TLKM.

  1. PT XL Axiata Tbk (EXCL)

Perusahaan berikutnya yang merupakan perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia terbaik adalah PT XL Axiata Tbk. Sebelumnya perusahaan ini memiliki nama PT Excelcomindo atau yang disingkat dengan nama XL sebelum pada 16 November 2009 berubah namanya jadi PT XL Axiata Tbk. Perusahaan ini berdiri pada 8 Oktober 1996 yang merupakan perusahaan operator Telekomunikasi Seluler yang terdapat di Indonesia. Perlu diketahui bhawa XL ini menjadi perusahaan swasta perma di Indonesia yang menyediakan layanan yang banyak dicari atau dibutuhkan yakni layanan telepon seluler. Adapun untuk produk yang diberikan ini begitu beragam. Pertama ada lini produk GSM yang ada dua jenis yakni pascabayar (XL Prioritas) dan XL Prabayar. TAk hanya itu saja, dalam XL ini juga tersedia layanan korporasi seperti VoIP dan juga ISP (Internet Service  Provider).

Cakupan wilayah dari PT XL Axiata Tbk sebagai salah satu perusahaan bidang telekomunikasi di Indonesia terbaik ini sangatlah luas. Saat ini layanan untuk pelanggannya sudah ada di 103 kota/kabupaten di Indonesia dengan layanan 4G LTE. Pembangunan untuk teknologi dan infrasturktur pendukung internet yang cepat oelh PT XL Axiata Tbk juga terus dilakukan.  Diharapkan semakin banyak kabupaten atau kota yang yang mendapatkan layanan dari perusahaan tersebut.  Beberapa cara yang dilakukan ini diantaranya adalah pengaplikasian teknologi canggih  denganpembangunan Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM), MPLS dan juga Next Generation Network (NGN) guna melengkapi teknologi Time Division Multiplexing (TDM).

  1. PT Indosat Tbk (ISAT)

Selanjutnya untuk perusahaan telekomunikasi terbaik di Indonesia yang harus Anda ketahui adalah PT Indosat Tbk atau yang dikenal sebelumnya dengan nama Indosat saja. Perusahaan ini yang sudah berdiri sejak 1967 merupakan perusahaan penyedia untuk jaringan telekomunikasi yang ada di Indonesia dan juga penyedia jasa telekomunikasinya pula. Ada banyak hal yang ditawarkan oleh PT Indosat Tbk ini seperti saluran komunikasi  yang ditujukan untuk para pengguna dari telepon genggam dengan pilihan pascabayar maupun prabayar dengan nama merek IM3 Ooredoo. Masih ada jasa lain yang ditawarkan oleh PT Indosat Tbk ini seperti layanan saluran komuniaksi melalui suara yang ditujukan bagi para pengguna Fixed Telepon atau disebut sebagai telepon tetap. Termasuk didalamnya ada International Direct Dialing (IDD). Layanan lain yang tak boleh terlewatkan adalah layanan komunikasi Multimedia, Internet & Data Communication Service (MIDI).

Kepemilikan saham untuk PT Indosat Tbk ini dimiliki ini dibagi menjadi banyak pihak. Pemerintah Indonesia pun memegang saham atas perusahaan ini dengan besaran sebesar 14,29%. Sementara itu mayoritasnya dimiliki oleh Water Telecom atau Ooredo Asia Pte Ltd dengan jumlah saham sebesar 65%. SIsanya yakni sekitar 20,71% berada di BEI (Bursa Efek Indonesia)  yang mana artinya PT Indosat Tbk ini juga terdaftar di BEI. Visi yang dimiliki perusahaan ini adalah ingin menjadi pilihan utama bagi semua pelanggan yang ada dalam memenuhi kebutuhan yang dimiliki soal komunikasi maupun informasi. Makanya  berbagai peningkatan dan perubahan terus dilakuakn oleh PT Indosat Tbk Ini.

Perkembangan Sektor dan Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Indonesia ini memiliki jumlah penduduk yang begitu banyak yang mana penduduknya ini hampir semuanya memiliki ponsel bahkan yang lebih dari satu. Oleh karena itulah prospek tinggi untuk sector telekomunikasi ini tidak dapat dihindarkan betapa menguntungkan dan menariknya. Bahkan pendapatan tahunan untuk perusahaan operator seluler yang terdapat di Indonesia ini bisa mencapai sekitar 100 triliun rupiah. Adapun pengapdosian 4D LTE sudah dilakukan oleh perusahaan Telekomunikasi yang  terdapat di Indonesia. Tak hanya dari ponsel saja sector telekomunikasi ini dilakukan karena telekomunikasi masih memiliki banyak alat lainnya yang akan membuat para penggunanya bisa menyampaikan informasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Jadi ponsel atau telephone adalah salah satu dari alat telekomunikasi yang ada.

Adapun perkembangan dari jaringan telekomunikasi yang ada di Indonesia ini dimulai di tahun 1856 yakni di zaman hindia belanda. Pada zaman ini yakni sekitar tahun 1856 dibungunlah jaringan pertama untuk telekomunikasi di Indonesia. Jarinagn ini mampu menghubungkan Bogor ke Jakarta. Jaringan ini dioperasikan oleh PT Telkom Indonesia yang dulu namanya masih Post Telegraf Telefoon. Akhirnya di Tahun 1972 terdapat peluncuran satelit pertama yang dimiliki Indonesia yakni Satelit Palapa. Sejak saat inilah perkembangan dari industri telekomunikasi yang terdapat di Indonesia makin cepat dan pesat lagi. apalagi dengan munculnya perusahaan bidang telekomunikasi yang ada. Lalu pada sekitar tahun 1990-an, munculah telepon di Indonesia yang menjadi sebuah tren popular tetapi harga telephone di tahun ini masih sangatlah mahal sehingga yang bsia mempergunakannya hanya golongan atas saja.

Setelah hadirnya telepon di Indonesia, munculah jaringan internet pada tahun 1993. Berikutnya kemudian diluncurkannya UU mengenai Telekomunikasi di tahun 1999. Dengan perkembangannya yang makin pesat, jaringan telekomunikasi ini sekarang bisa menghubungkan semua orang yang ada di Indonesia mulai dari sabang sampai merauke  tidak hanya dari Bogor ke Jakarta Saja.  Dengan perkembangan telekomunikasi ini semua orang jadi mudah untuk berkomunikasi. Tetapi harus disadari pula dampak negatifnya yang harus diwaspadai dengan baik. Salah satunya adalah budaya luar yang jadi mudah sekali masuk ke Indonesia. Apalagi dengan hadirnya media social yang juga sebagai salah satu produk telekomunikasi.  Perusahaan telekomunikasi yang hadir di Indonesia pun juga semakin banyak dari waktu ke waktu dengan penawaran jasa yang makin beragam. Seperti pada beberapa perusahaan telekomunikasi terbaik yang sudah dijelaskan sebelumnya.