Gaji Lulusan STAN dan Tips Masuk STAN

STAN merupakan salah satu sekolah tinggi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia. STAN ini juga menjadi salah satu sekolah kedinasan yang memiliki jumlah mahasiswa yang lebih banyak jika dibandingkan dengan sekolah kedinasan lainnya. Tak heran jika ada banyak pelajar yang berminat untuk memasuki perguruan tinggi tersebut.

Tentang PKN STAN

STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dalah salah satu sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Saat Anda menjadi mahasiswa STAN, maka Anda akan mendapatkan kuliah gratis dan nantinya dapat langsung diangkat menjadi calon PNS. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan secara pasti setelah lulus.

Tak hanya itu, para pelajar juga tentu sering penasaran mengenai berapakah gaji lulusan STAN. Pada gaji lulusan sekolah kedinasan ini sendiri memiliki perbedaan pada setiap jabatan dan keberhasilan yang dilalui saat berada di sekolah tersebut. Misalnya saja gaji lulusan D1 serta D3 tentu memiliki besaran gaji yang berbeda. Umumnya hal tersebut juga tergantung sesuai dengan instansi seseorang ditempatkan.

Terlebih Kementerian Keuangan dan kementerian yang lainnya tentu memiliki ketentuan gaji serta tunjangan yang berbeda satu sama lain. Sebagai gambarannya, contohnya berdasarkan lulusan PKN STAN yang sudah bekerja di Kementerian Keuangan dengan lulusan D1 ataupun D3. Untuk D1 sendiri memiliki gaji pokok sekitar Rp. 1.926.000 sementara untuk D3 memiliki gaji sekitar Rp. 2.192.000. Tentu saja gaji tersebut juga bisa berubah sesuai dengan kebijakan yang ada.

Namun saat Anda memasuki perguruan tinggi di STAN ini Anda sudah pasti akan mendapatkan pekerjaan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi tidak memiliki pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi. Untuk itu, sangat wajib bagi Anda mempersiapkan diri agar lolos di perguruan tinggi tersebut. Di bawah ini beberapa tips masuk STAN yang bisa Anda ketahui.

Tips Masuk STAN

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa STAN merupakan perguruan tinggi yang cukup banyak diminati oleh para pelajar di Indonesia. Tentu saja hal tersebut menyebabkan terjadinya persaingan yang cukup ketat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi tersebut. Lantas seperti apa saja yang harus dipersiapkan agar dapat lolos ujian masuk STAN? Berikut beberapa tipsnya:

  1. Pelajari materi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Tips pertama yang perlu Anda terapkan adalah dengan mempelajari penguasaan kemampuan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Anda bisa berlatih dengan banyak membaca dan mengupgrade kemampuan bahasa tersebut karena nantinya akan ada ujian tertulis.

  1. Perbanyak latihan soal

Untuk bisa masuk ke STAN, keberuntungan saja bukanlah hal yang cukup. Untuk itu, pastikan Anda banyak berlatih soal ujian masuk STAN di tahun sebelumnya. Pelajari soal-soal tersebut dengan baik dan perisa mana jawaban yang benar. Hal ini sangat membantu Anda agar mengetahui seberapakah penguasaan materi terhadap soal ujian nantinya.

  1. Ikuti try out

Untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk mengikuti try out. Dengan mengikuti try out ini maka Anda bisa mengukur seberapa jauhkah kemampuan yang dimiliki. Anda bisa mengikuti try out secara online maupun offline.

  1. Ikuti BIMBEL STAN

Agar Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik, baik itu dalam hal mental dan juga pengusaan materi sangat direkomendasikan untuk mengikuti bimbel. Dengan adanya bimbel tersebut, Anda akan dibimbing dan diberikan materi khusus agar penguasaan materi Anda bisa didapatkan dengan lebih baik.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda persiapkan saat ingin mengikuti ujian masuk STAN. Pastikan Anda menyiapkan diri dengan baik agar kesempatan jadi mahasiswa STAN bisa menjadi kenyataan.