Tanpa Pestisida, Berikut 5 Cara Menghilangkan Semut di Rumah yang Ampuh

Meskipun semut tidak sejorok kecoa, namun keberadaannya di rumah tentu sama mengganggunya. Karena semut ini bisa saja mengerubungi makanan atau minuman yang hendak disantap, hingga menggigit dan menyebabkan gatal. Namun cara menghilangkan semut di rumah dengan pestisida tidak bisa menjadi solusi jika dekat makanan. Berikut cara yang bisa dicoba.

Cara Ampuh Usir Semut dari Rumah

  1. Tutup Akses Masuk

Semut masuk ke dalam rumah melalui berbagai lubang atau celah yang ada di rumah. Seperti melalui dahan dahan pohon panjang yang menjuntai sampai menyentuh dinding, dan masuk melalui celah dinding tersebut atau jendela. Sehingga untuk mencegah semut ada di rumah anda, maka anda perlu memangkas dahan pohon yang menjuntai tersebut hingga menyumbat celah yang ada.

  1. Buat Semut Kelaparan

Serangga kecil seperti semua dapat bertahan hidup dengan remah terkecil dari makanan maupun tetesan air. Kendati demikian, mereka tidak akan bisa bertahan apabila anda benar benar tidak menyediakannya. Yang dimaksud di sini adalah menjaga rumah tetap bersih tanpa adanya remah makanan berceceran di mana mana.

Lalu menyimpan semua makanan ke dalam wadah yang ditutup rapat, tidak menumpuk piring di kitchen sink dan mencucinya hingga bersih menggunakan air sabun, mengeringkan rak maupun meja dapur dengan cermat, serta memastikan keran air tidak ada yang menetes. Apabila rumah anda tidak menyediakan sumber makanannya, sudah pasti semut akan pergi dan tidak lagi datang.

  1. Temukan Sarangnya

Semut hidup secara berkoloni, sehingga menghancurkan sarangnya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan semut di rumah. How to get rid of ant hills ? Caranya yaitu dengan menuangkan semangkuk air atau lebih di atas sarang apabila sarangnya di luar. Jika semut membuat sarang di dinding atau celah celah pintu, anda bisa menggunakan botol semprot untuk melakukannya.

  1. Gunakan Bahan Alami

Cukup banyak bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengusir semut dari dalam rumah. Mulai dari bubuk cabai, lemon, cengkeh, garam, kayu manis, dan masih banyak lagi, yang dapat digunakan untuk membasmi semut maupun beberapa serangga pengganggu lainnya. Bahkan bahan bahan ini terbilang cukup mudah ditemukan dalam keseharian, sehingga dirasa sangat praktis.

Untuk menggunakan bahan alami ini sendiri bisa dengan berbagai macam cara. Misalnya untuk lemon, bisa dicampur dengan air kemudian disemprotkan pada sarang maupun beberapa area di dalam rumah yang rentan didatangi semut. Lalu untuk cengkeh bisa langsung disebar dimana iring iringan semut bergerak, karena semut tidak menyukai aromanya.

  1. Usir dengan Campuran Sabun Cair

Apabila terdapat satu area tertentu yang dikerubungi oleh semut, maka anda bisa dengan segera menghalau iring iringan semut dengan cara menyemprotkan cairan campuran sabun cair. Cairan ini nantinya akan menenggelamkan semut serta menghancurkan semua jejak kimiawi yang telah ditinggalkan para semut pekerja.

Jejak kimiawi yang sudah terhapus ini, akan memutus iring iringan semut dan mencegah koloni mereka datang lebih banyak memasuki rumah. Campuran sabun cair sendiri bisa dibuat dari campuran satu sendok teh sabun cair dan juga air. Masukkan cairan ke dalam botol semprot untuk memudahkan prosesnya.

Penggunaan pestisida memang sebaiknya dihindari apabila ingin membasmi semut pada area yang berdekatan dengan makanan. Selain itu, anda yang memiliki hewan peliharaan juga lebih baik apabila mengusir semut tanpa pestisida. Sebagai gantinya, beberapa cara seperti di atas dapat diterapkan yang mana dilakukan tanpa menggunakan pestisida sama sekali.